Disela - sela kesibukan kerja Seorang Wanita Mesti Sempat Memasak

Menjadi seorang ibu dan wanita karier atau super mom terkadang membuat seorang perempuan sulit membagi waktu. Memasak untuk keluarga, misalnya, sering kali menjadi salah satu kegiatan yang harus dikompromikan.


Berdasarkan hasil studi Working Mother Research Institute, sebanyak 69 persen ibu pekerja masih menyempatkan diri memasak untuk keluarga. Namun, 41 persen dari mereka merasa terjegal oleh sempitnya waktu di tengah aktivitas harian. Padahal jika disiasati, memasak sebenarnya tidak menghabiskan banyak waktu. Ibu hanya perlu pintar-pintar mengakali dan memanfaatkan setiap fasilitas yang ada.

Untuk menu sarapan, misalnya. Agar tidak menambah kesibukan pagi, bahan makanan sebaiknya disiapkan sejak malam hari. Ibu dapat memilih sarapan yang mudah dibuat, contohnya nasi goreng. Nasi dapat dimasak sejak malam, sementara pelengkap seperti ayam atau sayur-sayuran dapat dipotong sebelumnya dan disimpan pada lemari pendingin.

Jika sudah begitu, super mom hanya tinggal mencampur bahan-bahan saja. Biasanya, meracik nasi goreng tidak memakan waktu lebih dari 15 menit. Sarapan pun tidak harus selalu baru dimasak. Ibu bisa memanfaatkan makanan yang tak habis dikonsumsi pada malam hari. Dengan catatan, masakan tersimpan dengan baik dan belum basi. Jangan sungkan-sungkan pula memanfaatkan peralatan masak modern, seperti microwave, untuk menghangatkan hidangan. Memakai alat ini, makanan tetap siap dan Ibu tak harus selalu di dapur.

Kegiatan lain pun dapat tetap dilakukan. Bekal makan siang Makan siang umumnya dihabiskan di luar rumah. Ibu dan ayah akan menghabiskan waktu di kantor, sementara anak-anak berada di sekolah. Menyiapkan bekal kemudian menjadi persoalan lain. Roti isi dapat menjadi pilihan praktis Setelah itu, roti dan telur dapat langsung disusun dalam tempat makan. Selada dan tomat boleh saja ditambahkan pada roti isi sebagai pelengkap gizi. Buah juga bisa disertakan pada bekal makan siang.

Hari ini, sudah banyak supermarket menjual buah yang sudah dikupas serta dipotong, dan bisa tahan dalam kulkas setidaknya sampai dua hari. Makan malam lezat Hasil penelitian Working Mother Research Institute menyebutkan pula bahwa ibu pekerja biasanya membutuhkan rata-rata 34 menit untuk memasak makan malam.

Waktu ini dapat dipersingkat jika Ibu sudah mengolah semua bahan sebelumnya.
Ambilah waktu pada akhir pekan yang longgar untuk merencanakan menu makan malam selama seminggu. Bumbui daging, ikan, atau ayam, lalu simpan rapat di dalam freezer agar tahan lama. Daging dapat dijadikan dendeng serta ayam bisa di-ungkep dengan bumbu olahan. Bila sudah begitu, ibu dapat langsung menggoreng ayam sepulang kantor tanpa harus menunggu bumbu meresap terlebih dahulu. Nah, memasak bukan perkara sulit asal pandai menyiasati, bukan?

Selamat berkreasi, super mom! (*)