Memasak Sambel Goreng Tempe Campur Teri

Umumnya kebiasaan masyarakat kita jika makan tanpa sambal terasa hambar, sehingga sambal merupakan menu wajib yang mesti tersedia dalam setiap  hidangan  makan.  Berbicara masalah sambal, di negeri kita ini merupakan gudangnya aneka macam sambal, salah satu jenis sambal yang sudah dikenal yaitu sambal goreng tempe Teri.
Sambal goreng tempe teri ini banyak digemari selain rasanya yang nikmat sebagai pelengkap makan pagi, siang maupun makan malam, apalagi ditambah ikan asin teri yang sudah sangat populer dijadikan pelengkap sambal nikmat dan tidak membosankan.
Sambel goreng tempe teri, sebenarnya gampang jika mau membuat sendiri dirumah karena selain murah, bahan - bahannya pun banyak tersedia dijual dipasar maupun diwarung.

Yuk coba buat Sambal Goreng Tempe Teri  :

Pertama - tama tentu siapkan bahan - bahannya terlebih dahulu seperti  ikan teri asin untuk mencoba kali siapkan   kurang lebih 100 gram teri, lalu siapkan juga tempe kurang lebih 300-400 gram Garam,  kacang tanah 100 gram. gula pasir, asam jawa, garam dan minyak goreng.

Siapkan juga bumbu untuk bahan membuat sambal yaitu : bawang putih 2 siung,  6 butir bawang merah, Cabe merah 6 bh, lengkuas, 1 sendok teh garam, semua bahan untuk membuat sambal ini dihaluskan atau  dilumatkan.

Setelah semua bahan lengkap, tinggal mulai mengerjakannya :

Cuci yang bersih ikan teri dan  ini untuk mengurangi rasa asin pada teri lalu goreng teri sampai kering dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, begitu juga goreng masing - masing : tempe yang sudah dipotong - potong kecil dan  juga kacang tanah, lalu sisihkan sementara.

Tumis sambal yang telah dihaluskan sampai harum tambahkan  3 sdm minyak sisa menggoreng, masukkan 1 sdm air asam dan 1 sdk makan gula pasir, aduk rata sampai rata. Lalu masukkan tempe, ikan teri, dan kacang tanah, aduk rata hingga bumbu meresap, jangan lupa untuk tambahkan cabai merah goreng, lalu diaduk - aduk sampai rata, setelah harum dan matang, diangkat dan siap disajikan.