Tips Membuat Ketupat Lebaran

Membuat ketupat saat lebaran merupakan suatu tradisi di Indonesia sudah sejak lama, biasanya ketupat disediakan sebagai pelengkap opor dan kare ayam untuk hidangan saat lebaran bagi keluarga dan tamu yang datang berkunjung untuk bersilahturahmi.

cara_mudah_buat_ketupat_lebaran
Cara mudah membuat ketupat lebaran
Resep sederhana membuat ketupat dibawah ini  semoga bisa  bermanfaat dalam membuat ketupat untuk persiapan lebaran ini. Sebelumnya tentunya anda harus mempersiapkan rangkaian ketupat dari janur, praktisnya anda tinggal membeli dipasar ,  sehingga nantinya kita tinggal mengisinya saja tentu lebih menghemat waktu bukan. seperti langkah berikut dibawah ini :
  1. Cuci lah beras yang akan digunakan terlebih dahulu seperti biasa, lalu rendam kurang lebih 3 jam penuh dan hasil tirisannya dicampur sedikit kapur sirih.
  2. Masukan beras  ke dalam rangkaian bungkus ketupat sebanyak sebanyak 2/3 dari besar bungkus ketupat itu, Jangan sampai lebih dari itu.
  3. Lalu didihkan air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.
  4. Rebuslah  ketupat kurang lebih selama 4 - 5 jam dan selama direbus ketupat harus dalam keadaan terendam penuh di dalam panci.
  5. Jika telah matang benar, lalau gantunglah ketupat  hingga benar - benar kering.
Cukup mudah bukan,  Semoga bermanfaat