Yuk Atur Pola Makan Kita, Agar Tetap Berstamina

Tips Pola Makan  Setiap Hari :

1. Makanan yang beraneka ragam. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan menu makanan yang sama pada setiap hari. Selain mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, juga akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.



2. Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Kebutuhan 20 - 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat. Buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk Antioksidan dan nutrisi lainnya yang terkandung dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya.

3. Kurangi daging berlemak.

4. Kurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi banyak digunakan pada makanan instan/ cepat saji.

5. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan,

6. Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak.

7. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan,

8. Menjaga berat badan yang diinginkan. Neraca energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan  setiap hari yang Anda konsumsi.

Tambahan :

Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.Sarapan pagi yang tidak terlalu mengenyangkan. Tidur minimal satu jam setelah makan malam, biarkan makanan tercerna.Jauhkan dari porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi.