Ini Nih Tips Menggoreng Telur Ceplok Yang Sempurna

Telur mata sapi biasanya menjadi salah satu menu favorit dan cepat disajikan, namun sayangnya terkadang tidak semua bisa menyajikan telur ceplok yang bulat dan cantik, biasanya hasilnya kuning telur meluber kemana-mana, lengket diwajan, gosong dan lainnya.

Goreng telur ceplok

Sebenarnya membuat telur mata sapi yang sempurna tidaklah terlalu sulit, Nah, untuk menggoreng telur ceplok mata sapi dengan hasil yang sempurna , ini nih tips - tips yang perlu diperhatikan agar menggoreng telur ceplok menjadi matang sempurna:

  1. Wajan yang digunakan untuk menggoreng telur tidak perlu  baru atau khusus, pilih aja wajan yang anti lengket sehingga nantinya telur mudah  diangkat atau dibalik.
  2. Untuk ukuran wajan yang digunakan, menyesuakian dengan banyaknya atau jumlah telur yang ingin digoreng sekaligus. Biasanya untuk satu butir telur menggunakan wajan dengan diameter kurang lebih 20 cm, lebih dari 2 telur gunakan wajan lebih besar kira - kira  diameter 24 cm.
  3. Saat menggoreng nyalakan Api dengan sedang saja, jika api terlalu besar dapat membuat telur cepat gosong, sementara bagian tengah telur belum matang, api terlalu kecil pun menyebabkan proses menggoreng menjadi lama.
  4. Menggoreng telur memang mudah, agar telur matang dengan sempurna, tutuplah telur yang digoreng menggunakan penutup misal tutup panci. Ini agar  panas yang dihasilkan wajan merata menyeluruh dipermukaan wajan, sehingga membuat bagian telur lebih cepat matang.
    Dalam menggoreng telur agar putih telur matang dibutuhkan waktu 1 hingga 2 menit, sementara untuk membuat kuning telur matang membutuhkan 3 hingga 4 menit. Oleh karena itu, secara keseluruhan waktu yang tepat untuk menggoreng telur ceplok yaitu sekitar 4 menit.
Nah, semoga tips diatas, bisa membantu Anda dalam membuat telur cplok yang sempurna, Selamat masak..