-->

Resep Kue Pelita Ala Kulinerankita

Kue Pelita ini sudah tidak asing lagi di dengar, dibanyak tempat memiliki nama yang berbeda.  Kue dengan aroma khas pandannya ini memiliki nama yang berbeda disetiap daerah misal di jawa Barat di sebut Jojorong, di Manado Kue Lampu/ Kue Perahu dan di Mandai di sebut Kue Tetu dan masih banyak lagi penyebutan yang berbeda di beberapa tempat.
 


Nah,untuk membuat Kue Pelita dirumah, terbilang cukup mudah, berikut ini resep sederhana Kue Pelita yang bisa dicoba dibuat dirumah.

Bahan 1

2 Gelas tepung terigu
3 sdm tepung beras
6 gelas santan encer
Gula merah secukupnya yang di iris halus

Bahan 2

4 sdm tepung beras
1 sdt garam
500 ml santan kental
Daun pandan 35 potong dengan panjang 12 cm yang dibentuk menyerupai perahu



Cara Membuat kue Pelita  :
  1. Cara membuat perahu dari daun pandan: Siapkan daun pandan besar yang tak terlalu muda dan daun yang tak tua. Agar mudah dibentuk dan daun tak robek saat dilipat nanti
  2. Lipat kedua ujung daun. Lalu ujung daun dirobek menjadi 3 bagian. Lipat dan sambungkan (pertemukan) kedua ujung robekan ketengah. Lalu klip (hekter)
  3. Bentuk perahu untuk kue pelita pun telah jadi. Lebih baik lagi jika bentuk perahu persegipanjang
  4. Sisir gula merah. Kemudian masukkan kedalam perahu pandan. (Jika tidak terlalu suka manis, gulanya jangan terlalu banyak)
  5. Campurkan Bahan 1 menjadi satu, saring agar tidak bergelindir sisihkan. Lakukan yg sama utk Bahan 2.
  6. Panaskan kukusan sampai air mendidih. Masukkan pandan perahu kedalam kukusan (yg sudah diisi gula merah), lalu tuang/sendok adonan bahan 1 sekitar 3/4 dri tinggi pandan perahu. Kukus dengan api kecil. Tutup kukusan dengan lap bersih. Kukus sampai matang atau sekitar 5 - 7 menit. Buka kukusan dan tuang kan Bahan 2 hingga penuh. Kukus sekitar 3menit hingga matang. 
  7. Setelah matang angkat dan siap dihidangkan. Enak juga dihidangkan dalam keadaan dingin (dimasukan ke kulkas sebelum di hidangkan)

    Selamat mencoba 😊